Blogger Widgets
Sumber : http://yaqindlive.blogspot.com/2013/02/cara-membuat-judul-dan-deskripsi-blog.html#ixzz2lk2g83rd

Senin, 25 November 2013

Kegunaan Hidrokarbon Dalam Kehidupan

  • 1. CLASS X - I
  • 2. Senyawa hidrokarbon merupakan senyawakarbon yang terdiri dari unsur hidrogen dan karbon.Sumber utama hidrokarbon di dunia adalah minyakbumi dan gas alam. Industri petrokimia membuatbahan-bahan atau produk dari minyak bumi dan gasbumi antara lain plastik, seratsintesis, palarut, pestisida, dan lain-lain. Beberapa produk dan kegunaan senyawahidrokarbon sebagai berikut.
  • 3. Senyawa hidrokarbon di bidang pangan bermamfaatsebagai nutrisi tubuh sebagai berikut ini.A. Glukosa (C6H12O6), merupakan sumber energi manusia dan hewan.B. Tetraterpena, merupakan senyawa beta karoten pada wortel.C. Monoterpana, merupakan senyawa dalam minyak jeruk (limonena).D. Propena dan butena digunakan sebagai pemasakan buah-buahanE. Karbohidrat merupakan bahan makanan penting dan sumber tenaga yang terdapat dalam tumbuhan dan daging hewan. Selain itu, karbohidrat juga menjadi komponen struktur penting pada makhluk hidup dalam bentuk serat (fiber), seperti selulosa, pektin, serta lignin.
  • 4. A. Polivinilklorida (PVC), terbentuk dari vinilklorida yang mempunyai ikatan C rangkap 2. rumus molekul polivinilklorida adalah : ( -CH2-CH- )n banyak digunakan untuk | pembuatan pipa air dan CL karpet.B. Polipropilena/polipropena, yang terbentuk dari propena dengan rumus polimer : (-CH2-CH-CH2-CH-)n kegunaan polipropilena | | adalah untuk serat, tali plastik, CH3 CH3 bahan perahu, dan botol plastik.
  • 5. C. Polistirena (polifenil etena), mempunyai rumus molekul : -CH2-CH-CH2-CH- kegunaannya untuk pembungkus, insulator listrik, sol sepatu, dan berbagai peralatan lainnya.D. Poliisoprena, merupakan karet alam dengan rumus struktur : -CH2-C=CH-CH2- | CH3 kegunaannya antara lain sebagai ban kendaraan, sepatu, dan sarung tangan.E. Etuna, sebagai sintetis serat buatan, yaitu orlon, vinilsianida.F. Nilon, merupakan senyawa polimer yang banyak di gunakan untuk serat pakaian.G. Dakron, merupakan serat poliester untuk penggan ti kapas dalam keperluan rumah tangga (kasur dan bantal).
  • 6. A. Polivinil asetat, banyak di gunakan sebagai perekat dan cat lateks.B. Polietilena/polietena, merupakan polimer dari etena (CH2=CH2)yang mempunyai ikatan C rangkap 2, mellalui reaksi polimerisasi. Polietilena mempunyai rumus molekul : (-CH2-CH2-)n. kegunaan polietilena adalah kantong plastik, ember, panci, dan pembungkus makanan.C. Antrasena, digunakan sebagai zat warna.
  • 7. A. Etena/etilena, banyak digunakan sebagai obat bius.B. Pentana, heksana, dan heptana digunakan sebagai pelarut sintetis.C. Propana, untuk sintetis propanal.D. Metana, untuk zat bakar dan sintetis senyawa metil klorida dan metanol.E. Teflon, sebagai pelapis antilengket pada alat-alat masak.F. Butena, untuk untuk pembuatan karet sintetis.G. Polistirena, untuk membuat kancing, sisir, pembungkus alat listrik.
  • 8. h. propena, untuk sintesis gliserol, isopropil, dan plastik polipropilena.i. SBR (styrene butadiene rubber), merupakan polimer dari 1,3 –butadiena dan stirena yang banyak digunakan sebagai karet sintetis.j. Gliserol, untuk bahan kosmetik (pelembab) dan industri makanan.

0 komentar:

Posting Komentar